fbpx
Begini Cara Pembuatan Bibit Parfum Yang Berkualitas

Begini Cara Pembuatan Bibit Parfum Yang Berkualitas

Hi Parfum Lovers, buat kamu yang udah sering banget beli parfum di Tania Perfume, kamu pasti udah ngga asing sama yang namanya “Bibit parfum”. Bahan utama pembuat parfum isi ulang ini sebenarnya merupakan ekstrak atau sari wewangian yang diperoleh dari proses ekstraksi berbagai bahan alami. Bibit parfum ini belum dicampur dengan bahan lain, dan dalam proses pembuatan parfum isi ulang baru dicampur dengan bahan pelarut. Buat kamu yang masih penasaran soal bibit parfum, artikel Tania Perfume kali ini akan membahas bagaimana bibit parfum didapatkan dan diproses.

Ada 3 cara yang lazim digunakan dalam proses pembuatan bibit parfum yaitu, Ekstraksi, D istilasi dan Perendaman. Mari bahas satu-persatu

Ekstraksi

Metode Ekstraksi bekerja dengan cara memerangkap wewangian dari bahan alami seperti bunga, buah dan tumbuhan kedalam zat tertentu. Orang Mesir kuno mengenal tekhnik Enfleurage yaitu menangkap wewangian dengan cara meletakkan tanaman ke atas lemak tak berbau yang kemudian disimpan pada ruangan tertutup bersuhu kamar. Penyimpanan ini dilakukan selama 1 bulan, setelah itu lemak padat pun dicairkan. Minyak yang dihasilkan dari pencairan lemak padat tersebut kemudian dipisahkan dengan alkohol agar menjadi minyak parfum murni. Saat ini dengan kemajuan tekhnologi di bidang pembuatan parfum ekstraksi atau penangkapan wangi bahan alami sudah menggunakan bahan seperti petroleum eter, aseton dan heksana yang merupakan bahan penangkap wewangian.

Distilasi

Parfum lovers pada proses distilasi bahan akhir yang ingin didapatkan adalah uap sari parfum. Proses distilasi atau penyulingan di mulai dengan perebusan bahan alami, perebusan yang memakan waktu lama ini akan menghasilkan uap air. uap air yang ditangkap akan ditampung sampai berubah lagi menjadi air. Proses terakhir adalah memisahkan minyak dan air, sampai diperoleh minyak atsiri.

Perendaman (Maserasi)

Wih mungkin bahasanya dari proses yang satu ini paling sulit ya Parfum Lovers, Maserasi atau perendaman. Proses perendaman adalah proses yang dikembangkan seiring dengan kemajuan tekhnologi dibidang parfum. Proses ini tidak menggunakan metode pemanasan atau penguapan. Maserasi atau perendaman sesuai namanya hanya melibatkan proses perendaman bahan alami yang ingin ditangkap sari wanginya kedalam zat perendam. Zat perendam yang sering digunakan adalah pelarut methanol. Setelah perendaman dilakukan air rendaman akan diproses untuk mendapatkan minyak atsiri yang merupakan sari dari parfum.

Jadi begitu Parfum Lovers proses pembuatan bibit parfum, penggunaan bibit parfum yang baik tentu akan menghasilkan parfum yang baik. Tania Perfume akan selalu berkomitmen untuk memberikan bibit parfum dengan kualitas terbaik sebagai bahan pembuat parfum refill kami. Kamu bisa temukan parfum-parfum kami di taniaperfume.com ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hai, ada yang bisa kami bantu?