fbpx
Ternyata Ini 4 Komposisi Parfum Termahal di Dunia

Ternyata Ini 4 Komposisi Parfum Termahal di Dunia

Hi Parfum Lovers, tahukah kamu kalau sejak 1500 tahun sebelum masehi, kebudayaan Mesir kuno sudah menggunakan parfum sebagai bagian dari upacara adat. Parfum yang berasal dari kata latin  “per fume” yang artinya adalah melalui asap semenjak saat itu hingga sekarang sepertinya tidak lepas memberikan harum mewangi dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai komunitas parfum muncul dan menjamur di semua penjuru dunia. Barang ajaib berbentuk cair ini seolah menjadi magnet bagi para Parfum Lovers di seluruh dunia. Apa si sebenarnya yang membuat parfum bisa sebegitu memikat, kali ini Tania Perfume akan ngebahas buat kamu Komposisi Parfum Termahal di Dunia.

Oud

Getah wangi yang berasal dari pohon agar ini adalah salah satu komposisi parfum termahal di dunia. Pohon agar harus terlebih dahulu terinfeksi jamur Phialopora parasitica agar dapat menghasilkan getah oud. Dan bisa dibayangkan parfum lovers hanya 2% di dunia pohon agar yang siap memproduksi oud, sangking jarangnya pohon agar yang terinfeksi jamur Phialopora parasitica.

Itulah kenapa harga oud melambung setinggi langit, bahan parfum yang memiliki wangi yang khas ini awalnya banyak digunakan di daerah Timur Tengah sebelum di perkenalkan ke belahan bumi lainnya. Harga bahan oud di pasaran dunia mencapai 10.000 dolar Amerika untuk 1 kilogram minyak essential dari ekstrak oud.

Baca Juga : 5 Parfum Aroma Rempah Untuk Pria

Amber

Amber adalah bahan parfum yang asal muasalnya dari getah pohon dengan usia diatas 30 juta tahun. Proses pembentukan amber membutuhkan komposisi cahaya suhu dan kelembapan yang tepat agar amber dapat mengeras sempurna. Amber juga dijuluki sebagai emas pohon oleh sebagian orang karena harganya yang selangit. Nuansa parfum yang diperoleh dari bahan amber adalah hangat dan menenangkan.

Bunga Melati

Mengherankan ketika bunga yang sering kita temui ini bisa termasuk komposisi mahal dalam parfum. Harga essential oil dari melati jadi melambung tinggi karena proses pembuatannya membutuhkan 900 kilogram untuk menghasilkan 500 gram essential oil. Jadi bisa dimaklumi lah ya kenapa harga melati sebagai bahan baku pembuatan parfum bisa sangat mahal. Profil wangi dari bunga melati ketika dijadikan parfum adalah elegan dan berwibawa, meninggalkan kesan yang mendalam bagi siapapun yang menciumnya.

Orris

Orris atau umbi bunga iris adalah bahan terakhir yang akan kita bahas. Sama dengan bunga melati dibutuhkan orris dalam jumlah banyak untuk menghasilkan essential oil yang menjadi bahan baku parfum. Bayangkan dibutuhkan 1 ton umbi orris dan harus dipetik tangan agar menghasilkan bahan baku parfum yang berkualitas.

Ternyata memang butuh ketekunan dan bahan yang berlimpah ya dalam pembuatan parfum, wajar rasanya ketika parfum menjadi bahan yang bernilai seni tinggi. Kalau kamu Parfum Lovers wangi apa ni yang jadi favorit kamu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hai, ada yang bisa kami bantu?