fbpx
5 Tips Menjaga Hubungan Silaturahmi Ditengah Pandemi

5 Tips Menjaga Hubungan Silaturahmi Ditengah Pandemi

Walaupun diberlakukannya kebijakan Physical Distancing, menjaga hubungan silaturahmi antar umat islam diharapkan tetap terjaga meski berada dalam kondisi pandemi. Dibawah ini terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan agar hubungan silaturahmi tetap terjaga. Tentunya dengan tidak melanggar aturan kebijakan Physical Distancing yang di intruksikan pemerintah.

Pada saat bulan Ramadhan, menjaga hubungan silatuhrahmi merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim. Silaturahmi diperuntukkan terlebih dahulu terhadap keluarga yang masih ada hubungan darah. Seperti ayah, ibu, adik, kakak, dan saudara yang ada hubungannya. Adapun berbagai manfaat dari menjaga silaturahmi diantaranya dapat memperpanjang umur, dan melancarkan rezeki.

Namun, dengan adanya Pandemi Covid-19 ini memaksa masyarakat harus sedikit melakukan cara yang berbeda dalam menjaga hubungan silatuhrahmi. Berikut ini Tania Perfume memberikan Tips menjaga hubungan silatuhrahmi agar tetap terjaga di tengah pandemi, simak artikel lengkapnya dibawah ini ya.

1. Memberikan Ucapan Selamat Melalui Media Sosial

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga silatuhrahmi adalah dengan mengirimkan ucapan selamat Ramadhan melalui flatform media sosial. Sebut saja seperti Facebook, Line, Whatsapp, Instagram ataupun media sosial lainnya.
Menjaga silaturahmi via sosial media menjadi pilihan yang efektif mengingat hampir semua orang sudah menggunakannya untuk berkomunikasi dalam kegiatannya sehari-hari.
Namun apabila terdapat suatu daerah yang tidak terjangkau sinyal, kamu bisa menghubungi kerabat melalui telepon menggunakan pulsa biasa.

2. Berbagi Parsel

Membagikan parsel kepada kerabat saat bulan Ramadhan memang sudah menjadi kebiasaan turun temurun yang sudah dilakukan sejak lama. Dengan melanjutkan tradisi ini, diharapkan dapat mempererat hubungan silatuhrami antar kerabat yang mungkin saat ini terpisah oleh jarak akibat Covid-19 ini.

Layanan pengiriman yang masih beroperasi hingga saat ini dapat kita manfaatkan untuk pengiriman parsel, jangan lupa selipkan sepucuk surat atau kartu ucapan yang berisi doa dan kata-kata penyemangat untuk si penerima parsel

3. Bukber Online

Buka bersama menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi sebagian orang saat bulan Ramadhan, namun virus yang mewabah memaksa kita untuk tidak bertemu sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Munculnya beberapa aplikasi video conference seperti zoom atau google hangout dapat kita memanfaatkan untuk menjaga silaturahmi tanpa harus bertatap muka sekaligus melakukan buka bersama, meski akan terasa berbeda, namun cara ini bisa menjadi solusi mengobati kerinduan buka bersama dengan teman kantor, teman kampus, ataupun kerabat dekat.

Baca Juga : 6 Tips Lawan Lapar Saat Puasa

4. Jaga Jarak Saat Bertemu

Sesuai dengan instruksi pemerintah, menjaga jarak menjadi hal yang wajib saat bertemu seseorang, bukan tanpa sebab namun ini merupakan salah satu bentuk pencegahan agar kita dapat terhindar dari paparan virus. Aturan jaga jarak yang intruksikan pemerintah adalah minimal 1 hingga 2 meter, hal ini bertujuan untuk menghindari sentuhan. Agar lebih aman gunakan pula masker saat berkomunikasi agar terhindar dari percikan ludah atau droplet yang dikeluarkan dari mulut saat berkomunikasi.

5. Galang Donasi Online

Untuk melengkapi aktivitas kita agar lebih berkah, tidak ada salahnya untuk menggalang dana melalui flatform online yang saat ini sudah banyak tersedia, sebut saja kitabisa.com atau aksi cepat tanggap.
Mengapa harus online? agar kita dapat menghindari interaksi langsung sehingga mengurangi resiko terpaparnya virus.
Lalu apa hubungannya galang donasi dengan menjaga silaturahmi?
Dengan menggalang dana bersama, ini akan menciptakan rasa saling peduli dan rasa saling memiliki.
Rasa saling memiliki inilah yang akan memperkuat hubungan antar manusia.

Dengan menjalani tips di atas diharapkan hubungan silaturahmi dapat tetap terjaga dan semakin mempererat hubungan antar teman dan kerabat, sehingga ibadah puasa yang dijalani menjadi lebih sempurna.

Tips Menjaga Hubungan Silaturahmi Saat Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
Butuh Bantuan?
Hai, ada yang bisa kami bantu?